Halaman

Hidup Adalah Perjuangan, Lamun Keyeng Tangtu Pareng..!

02/11/11

Kalender Sunda Diklaim Lebih Akurat

INILAH.COM, Bandung - Kalender Sunda yang mulai dipopulerkan kembali oleh para seniman dan budayawan Sunda, diklaim memiliki perhitungan lebih akurat dibanding kalender lain.


Penasehat kegiatan perayaan tahun baru Sunda Budi Dalton mengatakan, pihaknya ingin mengenalkan kembali sistem perhitungan Sunda kepada masyarakat. Apalagi kalender tersebut sudah diakui kalangan akademisi.



"Kalender Sunda hasil perhitungan Abah Ali Sastramidjaja sudah diakui sebagai kalender tertua di Nusantara, bahkan sudah diseminarkan di tingkat internasional. Kalender ini pun sudah ditetapkan sebagai kalender paling akurat di Solo," jelas Budi Dalton di Gedung Indonesia Menggugat, Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Bandung, Rabu (2/11/2011).

Seperti kalender pada umumnya, sistem penanggalan Sunda pun terdiri dari 12 bulan. Yakni Kartika, Margasira, Posya, Maga, Palguna, Setra, Wesaka, Yesta, Asada, Arawana, Badra, dan Asuji. Dalam sebulan, terdiri dari 29 atau 30 hari.

"Penentuan tanggalnya berdasarkan kala edar bulan dan matahari. Dalam sebulan pun dibagi dua, yang disebut paro caang dan paro poek. Sementara dalam seminggu ada 7 hari, yaitu Radite, Soma, Anggara, Buda, Respati, Sukra, dan Tumpek," jelas dosen Jurusan Seni Musik Unpas itu